Diberdayakan oleh Blogger.

Siapa yang Pantas Berhari Raya

Alhamdulillah merupakan kata yang paling pantas untuk dilafalkan pada hari ini sebagai tanda syukur kita kepada Yang Maha Kuasa atas limpahan nikmat-Nya yang tak terhingga jumlahnya. Bertepatan dengan hari ini, kaum muslimin di seluruh jagat dunia sedang merayakan kemenangan mereka atas jerih payah yang telah dilalui selama satu bulan penuh berpuasa, menahan diri segala hal yang membatalkannya. 

Mungkin bagi sebagian kamu, hari raya layaknya pagi hari tadi merupakan hari di mana kamu bisa kembali beraktivitas normal seperti biasa. Namun tahukah kamu bahwa di dalam hari raya Idul Fitri sekarang ini merupakan pertanda apakah memang benar kita cocok untuk merayakannya.

Jika kata hari raya Idul Fitri kita pecah menjadi dua, yakni hari raya dan Idul Fitri akan jelas terdapat perbedaan di antara keduanya. Tahukah kamu, bahwa tidak hanya orang muslim yang bisa merayakan hari raya, namun juga orang majusi, yahudi dan sebagainya juga sering merayakannya. 

Berbeda dengan Idul Fitri yang memiliki makna begitu dalam dikandungnya. Sebagian ulama ada yang mengartikan bahwa Idul merupakan kembali dan Fitri merupakan suci. Jika kedua kata tersebut digabungkan, maka akan menjadi kembali suci.

Apa faedah yang bisa kamu tangkap dari pernyataan ulama tersebut?

Ya benar, bahwa Idul Fitri merupakan ajang di mana seseorang kembali suci keadaan jasmani dan rohaninya disebabkan menjalankan puasa ditambah dengan ibadah-ibadah lainnya selama satu bulan penuh. 

Sehingga hari raya Idul Fitri pada hakikatnya adalah perayaan hari besar yang dilakukan oleh orang-orang yang berhasil melalui bulan puasa dengan segala jerih payahnya hingga menimbulkan efek yang baik bagi kehidupannya. Inilah orang yang berhak untuk berhari raya, hmm... bagaimana jika belum berhasil puasanya?

Maka mari perbaiki diri dengan sebaik-baiknya untuk menggapai ridha-Nya.
Share on Google Plus

About Kastolani

Hai, Perkenalkan saya Ikas, seorang Mahasiswa plus blogger yang ingin selalu berbagi kebermanfaatan melalui postingan, so jangan lewatkan setiap postingan saya ya, thanks.

0 komentar:

Posting Komentar